PERBANDINGAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DITINJAU DARI GENDER

Teti Herawati, npm : 198060033 (2020) PERBANDINGAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DITINJAU DARI GENDER. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Bu Teti Jurnal PJME_Revisi1.docx

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi antara siswa yang menggunakan metoda Project Based Learning dan siswa yang menggunakan metoda Problem Based Learning ditinjau dari gender (laki-laki dan perempuan). Penelitian ini menggunakan metoda Kausal Komparatif dengan teknik analisis data Mixed Method (kualitatif dan kuantitatif) konvergen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Banjaran Majalengka, sampel kelas VIII A dan VIII B. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman, motivasi, wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi antara siswa yang menggunakan metoda Project Based Learning dan siswa yang menggunakan metoda Problem Based Learning ditinjau dari gender (laki-laki dan perempuan). Hasil lain juga menunjukan tidak ada hubungan antara motivasi dengan kemampuan pemahaman matematis. Motivasi siswa baik di kelas PBL dan PjBL mengalami peningkatan, dikarenaka kedua metoda tersebut merupakan metoda yang menuntut siswa lebih aktif dan dengan pemberian masalah di awal pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar matematika. Kata kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning, Kemampuan Pemahaman, Motivasi Siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:47
Last Modified: 15 Oct 2020 04:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49149

Actions (login required)

View Item View Item