“PERANCANGAN APLIKASI PERINGATAN DINI MAHASISWA BERMASALAH AKADEMIK BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN KONSEP GAMIFIKASI”

Vina Fahira Pauziah, mhs and Ririn Dwi Agustin, DS and Hendra Komara, DS (2020) “PERANCANGAN APLIKASI PERINGATAN DINI MAHASISWA BERMASALAH AKADEMIK BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN KONSEP GAMIFIKASI”. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Vina Fahira Pauziah_153040126_Teknik Informatika.pdf

Download (711kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penanganan mahasiswa bermasalah akademik harus dilakukan sejak dini, mengingat tingkat kelulusan mahasiswa yang masih di atas empat tahun di Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Penanganan mahasiwa sejak dini diharapkan dapat membantu mahasiswa supaya dapat kembali mengejar ketertinggalan dan kembali pada jalur yang sesuai. Pada bidang pendidikan, sistem peringatan dini merupakan salah satu cara dalam penanganan mahasiswa bermasalah akademik dalam kehadiran perkuliahan dan nilai-nilai yang akan berdampak pada kelulusan mahasiwa dan mengakibatkan terjadinya penumpukan di akhir masa studi. Perkembangan teknologi yang sangat pesat dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mengatasi masalah penanganan mahasiswa bermasalah akademik dengan bantuan teknologi web dan bahkan banyak yang memanfaatkan teknologi sebagai hiburan seperti game. Di era sekarang banyak perusahaan yang menawarkan aplikasi dengan disisipkan konsep game agar lebih memotivasi para pengguna. Penerapan konsep game pada konteks yang bukan game disebut gamifikasi. Penerapan konsep gamifikasi pada aplikasi web dapat memotivasi pengguna agar lebih berperan aktif dan termotivasi dalam mencapai sesuatu. Penelitian ini dilakukan untuk merancang aplikasi sebagai sistem peringatan dini mahasiswa bermasalah akademik yang dapat ditangani sejak dini agar tidak terjadinya penumpukkan mahasiswa akhir masa studi di akhir dengan menerapkan konsep gamifikasi agar dosen wali diharapakan termotivasi dalam menangani mahasiswa walinya yang bermasalah akademik. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur, wawancara dan observasi terkait penanganan mahasiswa bermasalah akademik. Selanjutnya dilakukan analisis dan perancangan sampai penerapan konsep gamifikasi pada rancangan yang telah dibuat. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan aplikasi peringatan dini dengan penerapan konsep gamifikasi yang dapat membantu dalam penanganan mahasiswa bermasalah akademik dan memotivasi dosen wali dan pihak prodi dalam menangani mahasiswa bermasalah akademik di Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Kata kunci : Mahasiswa bermasalah akademik, sistem peringatan dini, gamifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:07
Last Modified: 14 Oct 2020 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49126

Actions (login required)

View Item View Item