PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Siswa IPS SMAN 15 Bandung)

Anyeu Widyanie Soehana, 165020038 (2020) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Siswa IPS SMAN 15 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkesan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana gambaran umum self efficacy siswa pada mata pelajaran ekonomi; (ii) bagaimana gambaran umum motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi; (iii) apakah terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan sampel berjumlah 70 orang siswa IPS SMAN 15 Bandung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan metode survey dan teknik pengumpulan data berupa angket, serta teknik pengolahan data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis pada penelitian ini berbunyi “Terdapat pengaruh dari self efficacy (X) terhadap motivasi belajar (Y) siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa IPS SMAN 15 Bandung”. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program SPSS. Adapun hasilnya sebagai berikut: (i) self efficacy yang dimiliki oleh siswa IPS SMAN Bandung. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan skor rata-rata 4,33 (86.88%) ada pada kategori sangat baik. (ii) motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa IPS SMAN 15 Bandung dalam mata pelajaran ekonomi menunjukkan hasil yang tinggi sebesar 4,51 (90.29%) ada pada kategori sangat baik. Hasil regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar siswa IPS SMAN 15 Bandung pada mata pelajaran ekonomi. Dengan nilai RSquare sebesar 0,365. Kesimpulannya bahwa self efficacy memiliki kontribusi 36,5% terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada siswa untuk bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan setiap tugas dan ujian, lalu kepada guru agar melakukan aktivitas belajar yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan kepada sekolah diharapkan dapat memfasilitasi aktivitas belajar untuk meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci: Self efficacy dan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:02
Last Modified: 13 Oct 2020 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49101

Actions (login required)

View Item View Item