ANALISIS SEMIOTIKA FILM “MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK” Studi Analisis Semiotika Film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”

Rr. Berliana Dwi Susanti, 172050094 (2020) ANALISIS SEMIOTIKA FILM “MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK” Studi Analisis Semiotika Film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN YANG DI TANDA TANGANI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”. Untuk menganalisis sebuah simbol yang terkandung dalam film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”, dapat dilakukan melalui sebuah studi analisis data berupa analisis semiotia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanda/simbol yang terdapat dalam film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” dari segi Representment, Interpretant, dan Object. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini mengunakan Teori Semiotika dari Charles Sanders Pierce dan Teori Konstruksi Realitas Sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi dan data dari internet. Hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah, terdapat realitas sosial dalam film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” seperti kesenjangan ekonomi, sosio-kultur yang patriarkis, diskriminasi terhadap perempuan dan eksotisme Tanah Sumba. Nilai sosial yang mengajarkan dan mengingatkan kita bahwa sebagai perempuan tidak boleh lemah jika ditindas, kita sebagai perempuan juga memiliki hak untuk mencari keadilan, harus saling tolong menolong dengan sesama. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan sebagai masukan adalah, untuk perfilman di Indonesia sebagai pembuat film agar lebih menyampaikan makna serta pesan secara jelas dan banyak dimengerti terutama masyarakat awam. Masyarakat pun harus bisa mendapatkan akses menonton film dengan mudah dan aman agar bisa terus berkembang dalam kemajuan perfilman Indonesia. Dan untuk para akademisi lebih menekankan materi-materi mendalam tentang perfilman terutama di program studi Ilmu Komunikasi dengan sarana prasana yang mendukung dan wacana yang mendalam. Kata Kunci: Semiotika, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Tanda, Simbol

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 13 Oct 2020 04:32
Last Modified: 13 Oct 2020 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49094

Actions (login required)

View Item View Item