AYI OKTARI, 155060175 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas IV SDN 027 Cicadas Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Inggris.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matemaika mengenai faktor bilangan prima, kelipatan persekutuanterkecil (KPK) dan kelipatan persekutuan terbesar (FPB). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 027 Cicadas Kota Bandung. Melihat dari keadaan dilapangan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah siswa kurang aktif saat mengikuti pembelajaran di kelas dan malu untuk bertanya hal ini dibuktikan dengan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, pembelajaran masih berpusat kepada guru (teacher center), penggunaan model-model pembelajaran masih kurang terutama pada penggunaan model discovery learning belum dilakukan. Penggunaan model discovery learningini cocok untuk dilakukan pada siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan melakukan penemuan dan dikaitkan dengan mata pelajaran matematika maka sesuai untuk digunakan. Tujuan dari penggunaan model diacovery learning ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari model discovery learning tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa padakelas IV di SDN 027 Cicadas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, instrument yang digunakan yaitu menggunakan lembar observasi, pretest dan posttest. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji regresi dengan menggunakan program spss 16. Hasil lembar observasi siswa menyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, Kemampuan kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai signifikansi 0,000 dengan menggunakan uji t dan hasil pretest dan posttest berpengaruh sebesar 0,440 berdasarkan hasil uji regresi. Maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learningberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 04:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 04:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49093 |
Actions (login required)
View Item |