PEMBANGUNAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN ALGORITMA PENGULANGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DIGITAL GAME BASED LEARNING-INSTRUCTIONAL DESIGN ( Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Pasundan )

Abdurrahman Wajid, mhs (2020) PEMBANGUNAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN ALGORITMA PENGULANGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DIGITAL GAME BASED LEARNING-INSTRUCTIONAL DESIGN ( Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Pasundan ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Abdurrahman Wajid_153040103_Teknik Informatika(1).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tidak bisa kita pungkiri semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat siapa saja dapat dengan mudah untuk mengakses informasi, dan dari sejak dulu manusia sudah memiliki tujuan serta sudah berpikir bagaimana dapat hidup dengan nyaman. Maka dari hasil keinginan tersebut manusia menciptakan teknologi yang membantu mempermudah pekerjaanya. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi ini adalah game, dan seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan game saat ini tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana media hiburan saja akan tetapi game memiliki fungsi yang luas, misalnya adalah sebagai sarana pendidikan, salah satunya adalah dapat digunakan untuk memberikan semangat terhadap dunia pendidikan. Oleh karena itu, dapat dibuat sebuah game edukasi pembelajaran algoritma pengulangan berbasis web untuk memberikan semangat kepada setiap siswa yang mengikuti pembelajaran. Game edukasi pembelajaran algoritma pengulangan berbasis web dibangun menggunakan metode Digital Game Based Learning – Instructional Design, yaitu paradigma yang memanfaatkan game sebagai media untuk menyampaikan isi pembelajaran dan memanfaatkan kekuatan permainan komputer untuk menarik end-user dan melibatkannya untuk tujuan tertentu. Digital Game Based Learning-Instructional Design terdiri dari analysis, design, development, quality assurance, serta implementation dan evaluation. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi pembelajaran berbasis web. Game edukasi pembelajaran algoritma pengulangan diberi nama Si Kabayan. Game Si Kabayan mengimplementasikan taksonomi bloom yang terdiri dari tiga domain, yaitu domain kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dimana siswa ditekankan ke pengetahuan, keterampilan berpikir, kecerdasan otak, sikap. Kata Kunci : Game, Pembelajaran, Web, Algoritma, Pengulangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:09
Last Modified: 13 Oct 2020 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49087

Actions (login required)

View Item View Item