ANALISIS ASSEMBLY LINE BALANCING DALAM PERENCANAAN EFISIENSI PRODUKSI PADA DEPARTEMEN PRODUKSI (STUDI KASUS: SEPATU SNEAKERS CV. TRIWARNA MULYA INDAH BANDUNG)

REVINDO DARMA PRATAMA, Mhs (2020) ANALISIS ASSEMBLY LINE BALANCING DALAM PERENCANAAN EFISIENSI PRODUKSI PADA DEPARTEMEN PRODUKSI (STUDI KASUS: SEPATU SNEAKERS CV. TRIWARNA MULYA INDAH BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Revindo Darma Pratama_133010065_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Persaingan industri manufaktur yang dialami pelaku bisnis saat ini semakin kompetitif. Proses bisnis yang dilakukan perusahaan dituntut untuk selalu meningkatkan performansi proses produksinya seiring dengan peningkatan target produksi perusahaan. Pengukuran produktivitas adalah hal yang penting untuk mengetahui tingkat efisiensi produksi suatu perusahaan. Penyeimbangan lintasan harus dilakukan dalam upaya menyeimbangkan lintasan perakitan dengan cara mengelompokkan elemen-elemen kerja pada setiap stasiun kerja. CV. Triwarna Mulya Indah merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri sepatu. Saat ini perusahaan sedang mengalami permasalahan ketidakseimbangan lintasan perakitan yang menyebabkan target produksi tidak terpenuhi. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, proses produksi perusahaan masih belum berjalan dengan baik, oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan assembly line balancing. Perhitungan assembly line balancing dilakukan menggunakan metode Ranked Positional Weight, Largest Candidate Rule dan Region Approach, dengan nilai idle time, line efficiency, balance delay dan smoothness index sebagai parameter penilaian. Hasil penelitian yang menunjukkan keseimbangan lintasan perakitan terbaik diperoleh menggunakan perhitungan metode Region Approach dengan nilai idle time sebesar 191,22 detik, line efficiency 85%, balance delay 15%, smoothness index 19,12 dan stasiun kerja berjumlah 10. Kata Kunci: Keseimbangan Lintasan Perakitan, Performansi, Region Approach

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:04
Last Modified: 13 Oct 2020 03:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49086

Actions (login required)

View Item View Item