DRAMATURGI SYAHID MUHAMMAD DALAM AKUN INSTAGRAM @iidmhd DAN BUKU DIGITAL REHAT DULU DRAMATURGY OF SYAHID MUHAMMAD ON INSTAGRAM ACCOUNT @iidmhd AND E-BOOK REHAT DULU

Arief Julio Sapto Budi, NPM : 188080009 (2020) DRAMATURGI SYAHID MUHAMMAD DALAM AKUN INSTAGRAM @iidmhd DAN BUKU DIGITAL REHAT DULU DRAMATURGY OF SYAHID MUHAMMAD ON INSTAGRAM ACCOUNT @iidmhd AND E-BOOK REHAT DULU. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Tesis Dramaturgi Syahid Muhammad - Arief Julio S. Budi 188080009 (IPTEK-KOM).docx

Download (40kB)

Abstract

Syahid Muhammad merupakan seorang penulis buku digital Rehat Dulu dan pemilik akun Instagram @iidmhd dengan pengikut lebih dari 60,3 ribu (Agustus 2020). Tulisan dan unggahan yang dibagikan dalam buku digital Rehat Dulu dan akun Instagramnya kerap membahas tentang isu kesehatan mental. Tampilan pada paggung depan (Front Stage) aktor biasanya akan berbeda dengan tampilan di panggung belakang (Back Stage). Tujuan Penelitian ini adalah untuk menemukan pola Presentasi Diri yang dilakukan oleh Syahid dalam panggung depan (Front Stage) dan apa yang diimpresikan sebenarnya dalam panggung belakang (Back Stage), dengan isu kekalutan Mental yang dijadikan topik presentasi diri yang dilakukan Syahid. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif Kualitatif, yang metode penelitiannya adalah studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dari wawancara mendalam dengan Syahid dan data sekunder didapat dari respondensi dan wawancara pada lingkungan sosial pribadi Syahid, pembaca buku digital Rehat Dulu dan pengikut akun Instagram @iidmhd, serta unggahan-unggahan Syahid dalam akun Instagram @iidmhd dan dokumen poster dalam buku digital Rehat Dulu. Data dianalisisi dengan reduksi data, penyajian data dengan interpretasi peneliti atas data dimaksud dengan sedemikian rupa dan disajikan sesuai dengan pola, dan kemudian verifikasi dilakukan dengan menarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Merujuk pada hasil penelitian, kesimpulan yang diperoleh bahwa Syahid melakukan Dramaturgi pada panggung depan (Front Stage) dan panggung belakang (Back Stage) dengan memberikan batasan tertentu atas fakta yang dimilikinya. Sehingga, tampilan panggung depan (Front Stage) merupakan bentuk Personal Branding yang telah dikonsep dengan menampilkan sebagian fakta dari apa yang ditampilkannya di panggung belakang (Back Stage) yang secara menyeluruh dan lebih natural. Tidak ditemukan adanya distorsi makna dalam penyampaian fakta di kedua panggung, dan fakta yang disampaikan pada kedua panggung berdasarkan topik yang diangkat oleh Syahid telah divalidasi Informan Ahli dengan menunjukkan kesesuaian sebagaimana telah disebutkan. Kata Kunci: Dramaturgi; Komunikasi; Media Baru; Personal Branding; Kekalutan Mental.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiawati773@gmail.com
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:58
Last Modified: 09 Oct 2020 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49051

Actions (login required)

View Item View Item