ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

SARAH NOFIANI, 165050049 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN MASALAH 1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB III KAJIAN MASALAH 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV KAJIAN MASALAH 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kemampuan Pemecahan masalah adalah proses yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Setiap masalah tentu saja memerlukan cara penyelesaian yang berbeda-beda, salah satu di antaranya adalah melalui pemecahan masalah matematika. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikategorikan masih rendah. Hal ini karena kesukaran dalam soal cerita membuat siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan suatu permasalahan. Maka dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada kegiatan belajarnya mengajarkkan kepada siswa agar lebih aktif dan mampu mengembangkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) Untuk menganalisis konsep model Creative Problem Solving (CPS); 3) Untuk menganalisis implementasi pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) dalam peningkatan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan studi literatur atau kepustakaan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode editing, organizing, dan finding. Analisis data menggunakan metode deduktif, metode induktif dan metode interpretatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) maka kegiatan pembelajaran yang berpusat pada sisiwa. Ini menyatakan untuk pemecahan masalah matematis dengan memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Ini bertujuan untuk siswa agar dapat menyelesaikan masalah secara mandiri, maka kemampuan pemecahan masalah matematis siswa akan berkembang. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2020 04:26
Last Modified: 08 Oct 2020 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49023

Actions (login required)

View Item View Item