KIREINA SUPARWATI, 165050024 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01 COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
03 ABSTRACK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
04 BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
05 BAB II.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
06 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
Text
07 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
08 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan pendekatan pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran yang nantinya akan berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu pendekatan yang dapat turut mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran matematika yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) dasar filosofis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI); (3) implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya sumber data primer dan sumber data sekunder. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa dalam menguasai sejumlah materi dengan mengetahui hubungan ide dalam bentuk abstrak dari menemukan hingga membuat kesimpulan secara bermakna akan suatu konsep; (2) penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pembelajaran matematika di jenjang pendidikan dasar yang meliputi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama sederajat juga pada jenjang pendidikan menengah yang meliputi Sekolah Menengah Atas sederajat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (3) implementasi prinsip serta karakteristik pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu upaya untuk memenuhi ketercapaian indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 04:14 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 04:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49021 |
Actions (login required)
View Item |