PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Wanda Novi Rahmani: 146010082

Wanda Novi Rahmani, Adi Surahman, S.Sn,. M.Ds dan Muammar Mochtar,. S.Sn, M.Ds (2020) PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Wanda Novi Rahmani: 146010082. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
COVER TA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AWALAN.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
mulai bab.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Board game adalah suatu permainan non-elektronik yang memakai board atau karton tebal (papan) sebagai komponen utamanya, di samping komponen lainnya seperti kartu, token, uang kertas, dan lain sebagainya. Board game dipilih sebagai media utama permainan edukatif karna memiliki beberapa kelebihan yang tidak ada pada jenis permainan lainnya seperti aturan pada permainan yang membuat anak belajar menaati aturan yang ada dan belajar kedisiplinan, memicu interaksi sosial antar pemain, melatih anak bagaimana menjalani kehidupan bermasyarakat, dan lain sebagainya. Perancangan board game akan mengacu pada referensi board game terpopuler anak yang bertemakan pembelajaran agama Islam di Indonesia yaitu Islamic board game dari El-Hana Kit. Setelah proses pengenalan dan demo dengan memainkan Islamic board game dari El-Hana Kit ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan mengenai permainan tersebut. Melalui beberapa eksperimen kreatif, disini penulis mencoba memperbaharui pola permainan dan desain yang ada pada Islamic board game dari El-Hana Kit menjadi lebih efektif sebagai media pembelajaran agama Islam untuk anak-anak usia Sekolah Dasar. Pembaharuan dalam hal desain meliputi desain papan permainan, penambahan karakter pelengkap board game, dan pembagian desain untuk token koin permainan. Sedangkan dalam hal pembaharuan pola permainan, yaitu perubahan dalam aturan permainan atau rules of game, dan penambahan jumlah jenis kartu permainan. Segala pembaharuan yang ada hanya untuk menciptakan sebuah perancangan board game yang baru dari segi desain maupun pola permainan. Aspek-aspek yang diambil dari board game yang menjadi referensi utama yaitu Islamic board game dari El-Hana Kit hanya dalam hal konten-konten pembelajaran yang ada di dalamnya yaitu Sirah, Al-Qura’an & Hadits, dan Akhlak dan adab. Meskipun begitu, penulis juga mengubah pembagian konten-konten yang ada di dalam rancangan board game yang baru menjadi lebih terstruktur. Kata Kunci: Board Game, Agama Islam, Anak-anak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:25
Last Modified: 05 Oct 2020 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48953

Actions (login required)

View Item View Item