PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PEMANFAATAN BARANG BEKAS DI KOTA BANDUNG. SELVIA BALQIS : 156010005

Selvia Balqis, Tata Kartasudjana,. M.Ds, dan Boy Irwan,. S.Sn, (2020) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PEMANFAATAN BARANG BEKAS DI KOTA BANDUNG. SELVIA BALQIS : 156010005. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (713kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Kota Bandung mempunyai masalah lingkungan yang terbilang cukup banyak, salah satunya ditimbulkan dari masalah sampah. Jika didiamkan, sampah itu akan menumpuk dan menimbulkan banyak akibat dari masalah lingkungan. Barang�barang yang akan dibuang begitu saja akan terlihat tidak bernilai, lalu itu menumpuk dan mengakibatkan banyak masalah lingkungan. Salah satu solusi untuk mengurangi masalah sampah lingkungan adalah dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Barang bekas merupakan barang yang sudah tidak terpakai atau tidak dibutuhkan lagi oleh pemiliknya, namun belum tentu barang itu tidak bisa digunakan lagi. Pemanfaatan dan pengelolaan barang bekas adalah pola pikir masyarakat maju dan modern, karena sebuah peradaban yang maju adalah peradaban yang memiliki kesadaran akan kesederhanaan, penghematan, keefektifan, kemudahan demi kelangsungan hidup yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian untuk mengajak ibu rumah tangga untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang belum menjadi sampah dan bisa didaur ulang. Berdasarkan penelitian, penulis menarik kesimpulan bahwa solusi dari permasalahan ini adalah membuat event workshop dengan isi pesan utama “Daur Ulang Dengan Kreasi” dengan target utama yaitu ibu rumah tangga. Dalam penelitian permasalahan kurangnya kesadaran akan pemanfaatan barang bekas, dari penggunaan barang sekali pakai, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian observasi, wawancara, serta studi literatur dan metode komunikasi AISAS untuk mencari sebuah solusi perancangan kampanye sosial pemanfaatan barang bekas di Kota Bandung. Perancangan kampanye sosial ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk masa yang akan datang. Kata Kunci : Kampanye Sosial, Media, Pemanfaatan, Barang Bekas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 03 Oct 2020 05:02
Last Modified: 03 Oct 2020 05:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48942

Actions (login required)

View Item View Item