Cindy Sundari Safitri, Drs. Agus Setiawan, Int, M.Sn. dan Boy Irwan,.S.Sn (2020) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH ADAT NUSANTARA. Cindy Sundari Safitri – 156010016. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.
|
Text
COVER.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
AWALAN.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satu keanekaragaman budaya itu adalah rumah adat Salah satu kebudayaan yang harus dilestarikan dan di ketahui masyarakat Indonesia. Rumah adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas khusus yang digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu.. Perancangan media pembelajaran buku interaktif ini dirancang berdasarkan kondisi dimana kurangnya alat pembelajaran untuk mengenal ragam kebudayaan Indonesia khusunya rumah adat. Selain itu,kurangnya kepedulian melestarikan kebudayaan dan kemudahan budaya-budaya asing masuk dikhawatirkan generasi muda bangsa ini perlahan akan lupa dengan salah satu identitas bangsanya sendiri. Mengingat akan hal tersebut, upaya untuk menjaga warisan budaya ini agar tetap terjaga sangat diperlukan dan dapat kita lakukan sejak dini. Dengan itu media pendukung pembelajaran buku interaktif dapat menjadi salah satu media yang efektif untuk menyampaikan informasi mengenai rumah adat kepada anak. Penggunanya ialah anak-anak usia 9-10 tahun. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengkaji studi literasi,wawancara kepada narasumber, dan observasi. Hasil perancangan ini berupa media pembelajaran buku interaktif yang didalamnya terdapat ilustrasi rumah adat dan informasi mengenai rumah adat sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dalam tahap pengumpulan data dapat disimpulkan target yang tepat untuk media pembelajaran ini,sehingga media ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan target untuk menjadi media pendukung pembelajaran baik disekolah atau dirumah. Selain itu, media ini memberikan kemudahan dalam memahami konteks dan penjelasan yang lebih baik terhadap suatu materi sesuai dengan kurikulum. Kata Kunci : Indonesia, Rumah Adat, Media Pembelajaran, Buku Ineraktif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 03 Oct 2020 04:56 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 05:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48941 |
Actions (login required)
View Item |