NUR ANISA PEBRIANTI, 165060094 (2020) ANALISIS KESULITAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Analisis Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Griya Bandung Indah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
BAB III ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB IV ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
||
Text
BAB V ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Penelitian analisis deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas IV SDN Griya Bandung Indah. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Rata-rata nilai kemampuan menulis karangan deskripsi yaitu 54,6 dengan kualifikasi kurang. Adapun persentase kesesuaian judul dengan tema karangan adalah 66% atau sama dengan 20 peserta didik termasuk kategori sangat baik/baik, persentase kerapihan tulisan dan ketepatan diksi adalah adalah 73,3% atau sama dengan 22 orang yang masih kurang rapi dalam penulisannya dan pilihan kata/diksi, persentase struktur penulisan karangan adalah 56,7% atau sama dengan 17 orang termasuk kategori sangat baik/baik, persentase kesesuaian gagasan dengan karangan adalah 63,3% atau sama dengan 19 orang yang masih kurang dalam kesesuaian gagasan dengan karangan, dan persentase penggunaan ejaan umum bahasa indonesia adalah 87% atau sama dengan 26 orang termasuk kategori kurang dalam penulisan huruf kapital dan penggunaan tanda baca sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa indonesia. Hambatan yang dihadapi peserta didik yaitu merasa sulit dalam menuangkan ide yang dimilikinya menjadi bentuk kata/kalimat, hal ini disebabkan kurangnya minat peserta didik untuk membaca dan kurangnya peserta didik untuk membiasakan latihan dengan bersungguh -sungguh. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam menulis karangan deskripsi yaitu kecerdasan, faktor minat belajar, faktor sikap dan perilaku terhadap pelajaran, faktor motivasi, faktor standar pelajaran faktor dari pendidik yang menggunakan media, metode, dan taktik pembelajaran yang belum tepat. Kata kunci: analisis kesulitan, karangan peserta didik, keterampilan menulis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 07:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 07:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48917 |
Actions (login required)
View Item |