PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MEPELING (MEMBERIKAN PELAYANAN KELILING) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

NUR INTAN FITRIANI, 162010166 (2020) PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MEPELING (MEMBERIKAN PELAYANAN KELILING) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian dalam penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh implementasi kebijakan MEPELING (Memberikan Pelayanan Keliling) terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran, mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kepuasan masyarakat dan mengetahui bagaimana usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam meningktakan kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah pengaruh implementasi kebijakan MEPELING (Memberikan Pelayanan Keliling) terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Teknik analisis data menggunakan rumus-rumus yang dihitung menggunakan program Statistical Product Service Solutions (SPSS). Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan, kepuasan masyarakat dan teori-teori yang berhubungan dengan implementasi kebijakan dan kepuasan masyarakat. Dengan menggunakan data sekunder, yaitu melalui dokumen-dokumen seperti visi dan misi, tugas pokok dan fungsi, struktur organisasi dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan angket. Wawancara dengan masyarakat pendaftar MEPELING yaitu Bapak Endang dan Ibu Hanifah. Observasi yang peneliti lakukan yaitu observasi non partisipan, serta menyebarkan 44 angket kepada responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh implementasi kebijakan MEPELING terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Secara sistematis memiliki derajat pengaruh erat, sedangkan secara simultan implementasi kebijakan MEPELING berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 79,6% adapun pengaruh variabel lain terhadap kepuasan masyarakat yaitu sebesar 20,4%. Dengan demikian, hipotesis konseptual mengenai pengaruh implementasi kebijakan MEPELING terhadap kepuasan masyarakat teruji. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan dan Kepuasan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Oct 2020 03:46
Last Modified: 01 Oct 2020 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48913

Actions (login required)

View Item View Item