Siti Wahdah Nurlatifah, 145060090 (2020) MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PERMAINAN EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di SD Negeri Cintaasih). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Abstrak Indonesia.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Abstrak Inggris.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Abstrak Sunda.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
16 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
18 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
19 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
20 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
21 Skripsi Siti Wahdah_145060090 Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri Cintaasih Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat pada semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakanl satu model pembelajaran yang menarik yaitu model pembelajaran Example non Example dengan berbasis permainan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri Cintaasih Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri Cintaasih Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat dengan subjek penelitiaan yaitu siswa kelas V. penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa langkah meliputi Analisis Situasi, Perumusan dan, Klarifikasi Masalah, Hipotesis Tindakan, Perencanaan Tindakan, Implementasi dan Monitoring, Evaluasi Hasil, Refleksi dan Pengambilan Keputusan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes, lembar observasi dan catatan hasil observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama belajar serta kinerja guru pada saat mengajar. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif berupa presentasi aktivitas siswa dan hasil tes siswa. Hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example pada siklus pertama mencapai presentase ketuntasan sebesar 48,27% termasuk ke dalam kategori “Cukup”, sedangkan presentase ketuntasan pada siklus dua sebesar 65,51% termasuk dalam kategori “Baik”, dan presentase ketuntasan siklus tiga sebesar 82,75% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” Sehingga terjadi peningkatan sebesar 17, 24% pada setiap siklusnya. Katakunci: Hasil Belajar, Permainan Edukasi, Metode Example Non Example.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 06:57 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 06:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48899 |
Actions (login required)
View Item |