RISKA HAMDALAH ALI, 165060114 (2020) (ANALISIS) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak indonesia.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
12. Bab II.pdf Download (536kB) | Preview |
|
Text
13. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
14. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) |
||
Text
15. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran. Penelitian ini melatarbelakangi karena adanya permasalahan di lapangan mengenai motivasi belajar peserta didik yang rendah. Hal tersebut disebabkan guru yang kurang memberikan motivasi kepada peserta didik. Begitu juga ketika guru mengajar dengan metode ceramah, banyak peserta didik yang kurang memperhatikan guru saat menjelaskan, tidak bersemangat dan sibuk sendiri melakukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan motivasi belajar peserta didik rendah dan mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Hasil penelitian menyatakan bahwa media audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dilihat gambarnya dan didengar suaranya. Penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dilihat dari akumulasi data penelitian terdahulu dengan peningkatan terendah 5,2 %, tertinggi 42,75 % dan rata-rata peningkatan motivasi sebesar 17,115 %. Maka dari itu, terdapat hubungan antara penggunaan media audio visual dengan motivasi belajar peserta didik, meskipun sebagian besar dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: media audio visual, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 04:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48894 |
Actions (login required)
View Item |