Mutiara Dwi Oktaviani, 165020046 (2020) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS semester genap tahun pelajaran 2019/2020 di SMAN 16 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana gambaran teknologi informasi internet pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMAN 16 Bandung, (ii) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 16 Bandung, (iii) Seberapa besar pengaruh penggunaan teknologi informasi internet terhadap motivasi belajar siswa pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMAN 16 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan sampel berjumlah 58 siswa XI IPS SMAN 16 Bandung. Untuk mencari pengaruh analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Adapun hasilnya sebagai berikut: (i) Penggunaan teknologi informasi internet pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMAN 16 Bandung menunjukkan hasil yang baik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan skor rata-rata 4,17 (83,43%) ada pada kategori sangat baik, (ii) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi ekonomi di kelas XI IPS SMAN 16 Bandung sebesar 4,20 (83,94%) ada pada kategori tinggi, (iii) Hasil regresi linier sederhana menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara teknologi informasi internet terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMAN 16 Bandung. Dengan nilai R Square sebesar 0,350. Dapat ditafsirkan bahwa teknologi informasi internet memiliki kontribusi 35% terhadap motivasi belajar dan sisanya 65% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni (i) bagi siswa, hendaknya dapat menggunakan teknologi informasi internet dengan baik sebagai bahan informasi untuk memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan, (ii) bagi sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas internet secara gratis berupa wifi untuk menunjang kebutuhan siswa dalam pembelajaran, (iii) bagi peneliti selanjutnya, melakukan penelitian serupa dengan faktor lain dan maupun topik pembahasan yang berbeda agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan hasil dari penggunaan teknologi informasi internet terhadap motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Teknologi Informasi Internet, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 04:01 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 04:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48875 |
Actions (login required)
View Item |