PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasir Bitung Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung)

HANNY KHAERUNNISA, 155060080 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasir Bitung Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup dan Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dengan pelaksanaan penelitian pada kelas IV SDN Pasir Bitung Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang peserta didik memiliki keaktifan belajar yang masih rendah yaitu 50% dari 50 peserta didik masih belum mencapai KKM. Dengan model pembelajatan Teams Games Tournament (TGT) dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk aktif di dalam pembelajaran, memberikan rangsangan untuk berpikir kreatif, dan dapat mudah memahami pembelajaran dengan penyajian materi yang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pengambilan data melalui Observasi, Dokumentasi dan Angket. Angket yang digunakan berupa pretest sebelum dilakukannya pembelajaran dan posttest untuk mengambil data keaktifan belajar setelah diberikan perlakuan. Populasi yang digunakan yaitu kelas IV A yang berjumlah 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan kelas IV B yang berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan Uji Normalitas, homogenitas, Linearitas, dan Regresi Linear Sederhana. Hasil data dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen nilai signifikansi melalui Uji Regresi Linear Sederhana di dapat t hitung > t tabel (629,908 > 0,444), Sedangkan untuk kelas kontrol didapat hasil signifikansi t hitung > t tabel (224,775 > 0,444). Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap Keaktifan Belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:37
Last Modified: 16 Sep 2020 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48829

Actions (login required)

View Item View Item