STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE SHARING DALAM UPAYA PENINGKATAN VALUE CO-CREATION (Studi Kasus Pada Gabungan Koperasi Susu Indonesia Daerah Jawa Barat)

Mustopa Djamaludin, NPM : 179010074 (2020) STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE SHARING DALAM UPAYA PENINGKATAN VALUE CO-CREATION (Studi Kasus Pada Gabungan Koperasi Susu Indonesia Daerah Jawa Barat). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Mustopa Djamaludin.doc

Download (254kB)

Abstract

Latar Belakang: Koperasi primer susu di bawah naungan Gabungan Koperasi Indonesia (GKSI) daerah Jawa Barat berperan penting dalam perkembangan industri susu di Indonesia. Berbagai upaya dan strategi terus dilakukan oleh GKSI Jawa Barat untuk meningkatkan produksi susu yang sampai saat produksi susu di Indonesia masih jauh dari kebutuhan nasional. Salah satu upaya GKSI Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas dan produksi susu adalah dengan mengembangkan strategi Knowledge Sharing dalam upaya peningkatan Value Co-Creation. Program ini penting untuk diteliti sehingga dapat diketahui bagaimana sebuah organisasi koperasi dalam menciptakan dan memproses pengetahuan serta membagikannya agar mampu menciptakan Value Co-Creation dalam industri susu; Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Penerapan Knowledge Sharing pada GKSI daerah Jawa Barat;Capaian Value Co-Creation pada GKSI Daerah Jawa Barat; Kendala-kendala yang terdapat pada penerapan knowledge sharing pada GKSI daerah Jawa Barat; Strategi penerapan knowledge sharing dapat meningkatkan co-creation pada GKSI Daerah Jawa Barat; Metode: Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik sampling yang digunakan adalah incidential sampling (non probability sampling) terhadap perwakilan anggota dan pengurus GSKI Jawa Barat . Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis komparasi konstan. Pengumpulan data menggunkan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis melalui tiga kegiatan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian: Hasil penelitian secara simultan menunjukan menunjukkan: 1) Knowledge sharing diterapkan secara formal maupun non formal, antara lain melalui pelatihan, rapat, acara sambung rasa, pembinaan, studi banding, dll.; 2) Salah capaian Value Co-Creation di GKSI adalah terciptanya produk susu bersama yang didasarkan kebersamaan dan transparansi. 3) Kendala dalam pengembangan strategi Knowledge Sharing: Culture, Teknologi, Lack of knowledge sharing facility, Lack of rewards, Time limitation, Lack of trust, dan Poor communication skill. 4) Strategi dalam penerapan knowledge sharing adalah dengan membuat strategi yang selaras dengan visi misi GKSI, menggunakan metode SWOT, mengidentifikasi semua sumber daya yang dimiliki koperasi, menetapkan leader, menciptakan lingkungan yang mendukung proses knowledhe sharing, memberikan motivasi, dll.. Kata Kunci: Susu; Produksi; Knowledge Sharing; Value Co-Creation;

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiana.mmunpas@gmail.com
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:00
Last Modified: 01 Sep 2020 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48784

Actions (login required)

View Item View Item