Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning pada Materi Koordinat Kartesius untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP

Desy Annisa, NPM :188060002 (2020) Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning pada Materi Koordinat Kartesius untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Desy Annisa (188060002).docx

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Mobile Learning materi koordinat kartesius, serta melihat efektifitas pengembangan bahan ajar Mobile Learning tersebut terhadap kemampuan representasi matematis siswa dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis dan angket Motivasi Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar Moble Learning pada materi koordinat kartesius layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. 2) Pengembangan bahan ajar Mobile Learning pada materi koordinat kartesius dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan hasil efek size sebesar sebesar 0, 83 dengan kriteria efek kuat. 3) Pengembangan bahan ajar Mobile Learning pada materi koordinat kartesius dinyatakan efektif dengan hasil efek size sebesar sebesar 0,27 dengan kriteria efek lemah. 4) Kolerasi antara kemampuan representasi matematis dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang rendah, atau dengan kata lain tidak terdapat korelasi antara kemampuan representasi matemtias dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Motivasi Belajar, Koordinat Kartesius, Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiana.mmunpas@gmail.com
Date Deposited: 07 Aug 2020 04:55
Last Modified: 07 Aug 2020 04:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48565

Actions (login required)

View Item View Item