IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di MA Al Azhar Kota Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020 )

MUSYAFA, NPM : 188060026 (2020) IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di MA Al Azhar Kota Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020 ). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
repository unpas musyafa.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemahaman konsep matematis siswa yang rendah, hal ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika ini terlihat dari nilai rata-rata siswa yang diperoleh masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Guru kurang bervariasi dalam menggunakan pendekatan pembelajaran matematika dan cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian dilakukan di kelas XII IPA 1 MAS Al Azhar Kota Banjar dengan banyak siswa 29 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan (Plan), tindakan (action), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi aktivitas guru dan siswa, Perangkat tes pemahaman konsep matematis, Lembar skala Kemandirian belajar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Penggunaan metode Discovery Learning Berbasis Schoology (1) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa MA; (2) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa MA; (3) pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan Metode Discovery Learning Berbasis Schoology lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (4) Kemandirian siswa yang menggunakan Metode Discovery Learning Berbasis Schoology siswa lebih percaya diri, inisiatif, tanggungjawab dan motivasi yang tinggi dalam belajar matematis, sedangkan yang menggunakan pembelajaran konvensional hanya percaya diri dan inisiatif saja; (5) Terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan kemandirian belajar. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Schoology, pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiana.mmunpas@gmail.com
Date Deposited: 07 Aug 2020 04:35
Last Modified: 07 Aug 2020 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48563

Actions (login required)

View Item View Item