Model Implementasi Kebijakan Yayasan Oleh Yayasan Pendidikan Tinggi di Kota Bandung (Studi Pada Yayasan Pendidikan Tinggi Universitas Swasta Dalam Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas)

Soni Gunawan Somali, NPM. 1392021 (2020) Model Implementasi Kebijakan Yayasan Oleh Yayasan Pendidikan Tinggi di Kota Bandung (Studi Pada Yayasan Pendidikan Tinggi Universitas Swasta Dalam Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Soni Gunawan Somali_DIS.docx

Download (41kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kebijakan tentang yayasan belum sepenuhnya diimplementasikan dengan baik oleh yayasan pendidikan tinggi. Mereka pada umumnya belum melaksanakan isi kebijakan tentang yayasan berkenaan prinsip keterbukaan dan akuntabilitas kepada masyarakat, masih ada pelanggaran atau penyimpangan dalam implementasi kebijakan tentang yayasan. Melalui penelitian ini penulis berupaya menggambarkan implementasi kebijakan tentang yayasan oleh yayasan pendidikan tinggi di Kota Bandung berdasarkan perspektif model implementasi kebijakan MSN-Approach dari Kadji bahwa implementasi kebijakan dipengaruhi oleh faktor mental, sistem, dan jejaring kerjasama , serta menemukan model implementasi kebijakan tentang yayasan berkenaan prinsip keterbukaan dan akuntabilitas, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini adalah yayasan penyelenggara pendidikan tinggi (Universitas Swasta) di Kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Implementasi kebijakan tentang yayasan oleh yayasan pendidikan tinggi di Kota Bandung berdasarkan perspektif model implementasi kebijakan MSN-Approach secara umum sudah dilaksanakan, namun belum berlangsung dengan efektif. Ditemukan faktor lain selain mental, sistem dan jejaring kerjasama, yaitu faktor pengawasan dan koordinasi dalam implementasi kebijakan yayasan oleh yayasan pendidikan tinggi penyelenggara universitas swasta di Kota Bandung. Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Yayasan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:58
Last Modified: 06 Aug 2020 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48557

Actions (login required)

View Item View Item