PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP INTENSI TURNOVER DI BANK MANDIRI AREA SUKABUMI, KARAWANG, BANDUNG, CIREBON DAN TASIKMALAYA

Ersri Rokhaminawanti, NPM : 169010052 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP INTENSI TURNOVER DI BANK MANDIRI AREA SUKABUMI, KARAWANG, BANDUNG, CIREBON DAN TASIKMALAYA. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal2.docx

Download (278kB)

Abstract

Ada berbagai faktor yang terkadang membuat personil organisasi merasa tidak nyaman serta tidak cocok lagi untuk terus berada dalam organisasi sehingga dorongan untuk mengundurkan diri dari organisasi semakin tinggi. Tingginya tingkat intensi turnover pada karyawan akan menimbulkan dampak negative bagi perusahaan yang dapat menciptakan ketidakstabilan dan menunjukan bahwa perusahaan tersebut tidak efektif, oleh sebab itu suatu perusahaan harus mengetahui factor-faktor yang dapat menyebabkan Intensi Turnover. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh lingkungan kerja, stress kerja, komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap intensi turnover. Penelitian ini dilakukan di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk area Sukabumi, Karawang,Bandung,Cirebon dan Tasikmalaya. Jumlah responden yang diambil adalah sebanyak 185 karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa pengaruh Lingkungan Kerja baik langsung maupun tidak langsung lebih dominan baik terhadap peningkatan Komitmen Organisasi, maupun terhadap peningkatan Kepuasan Kerja dibandingkan dengan pengaruh Stress Kerja. Dan pengaruh Komitmen Organisasi lebih dominan baik langsung maupun tidak langsung terhadap penurunan Intensi Turnover. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Intensi Turnover bisa mengalami penurunan jika didorong oleh Lingkungan Kerja yang baik dan Komitmen Organisasi yang tinggi. Dengan demikian temuan penelitian ini dapat dipertimbangkan sebagai acuan pihak PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, jika ingin menekan tingkat Intensi Turnover pegawainya, yaitu harus lebih memperhatikan Lingkungan Kerja dan Komitmen para Pegawainya Kata kunci : Lingkungan Kerja, Stress Kerja, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Intensi Turnover.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:16
Last Modified: 04 Aug 2020 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48550

Actions (login required)

View Item View Item