ANALISIS STRUKTURAL BERORIENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP BUKU BIOGRAFI K.H. AHMAD DAHLAN DALAM BENTUK LKPD SEBAGAI SALAH SATU JENIS BAHAN AJAR SMA KELAS X

Maharani, NPM : 188090014 (2020) ANALISIS STRUKTURAL BERORIENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP BUKU BIOGRAFI K.H. AHMAD DAHLAN DALAM BENTUK LKPD SEBAGAI SALAH SATU JENIS BAHAN AJAR SMA KELAS X. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Maharani.docx

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kajian terhadap teks sastra yang bertujuan untuk memahami karya sastra secara menyeluruh. Analisis struktural adalah kritik sastra yang mendalami unsur-unsur yang membangun suatu karya sastra. Penggunaan analisis struktural dilakukan untuk mengetahui struktur dan nilai pendidikan karakter dalam buku biografi K.H. Ahmad Dahlan serta penerapannya sebagai bahan ajar dalam bentuk LKPD. Fokus permasalahan ini meliputi tujuan untuk memahami nilai-nilai pendidikan karakter lewat analisis struktural pada buku biografi K.H. Ahmad Dahlan dan untuk meningkatkan pemahaman sastra dalam kaitannya sebagai LKPD yang digunakan untuk alternatif bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, artinya setiap data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis. Data kualitatif diperoleh dari hasil kajian terhadap unsur intirnsik dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku biografi K.H. Ahmad Dahlan berjudul Jejak Sang Pencerah. Keseluruhan unsur intrinsik dalam buku tersebut meliputi alur yang menggunakan alur progresif. Penokohan dengan penggambaran menggunakan teknik ekspositori dan dramatik. Sudut pandang menggunakan sudut pandang persona ketiga gaya ‘dia’ terbatas. Latar cerita di antaranya latar tempat di Kampung Kauman Yogyakarta, latar waktu sekitar akhir abad ke-19, dan latar sosial yang terjadi pada masa penjajahan hingga masa pergerakan nasional. Gaya bahasa menggunakan gaya bahasa sebagai unsur fiksi dan gaya bahasa sebagai unsur style. Serta tema cerita yaitu perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dalam menegakkan kebenaran demi menaikkan martabat Islam melalui pendidikan dan pengajaran agama. Nilai pendidikan karakter dari data yang ditemukan yaitu nilai religius sebanyak 5 data, nilai nasionalis sebanyak 5 data, nilai mandiri sebanyak 7 data, nilai gotong royong sebanyak 6 data, dan nilai integritas sebanyak 10 data dengan total nilai pendidikan karakter sebanyak 33 data. Dari hasil uji coba LKPD, dua orang peserta didik memperoleh nilai 68,7 (cukup), empat orang peserta didik memperoleh nilai 75 (baik), dan empat orang peserta didik memperoleh rentang nilai dari 81,25-87,5 (sangat baik). Oleh sebab itu, hasil analisis tersebut dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam bentuk LKPD untuk SMA kelas X. Kata Kunci: Analisis Struktural, Nilai Pendidikan Karakter, Buku Biografi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiana.mmunpas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2020 03:25
Last Modified: 25 Jul 2020 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48257

Actions (login required)

View Item View Item