PEMBELAJARAN MENGANALISIS KETEPATAN STRUKTUR TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK 45 LEMBANG

ASEP SAMSU, NPM. 188090012 (2020) PEMBELAJARAN MENGANALISIS KETEPATAN STRUKTUR TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK 45 LEMBANG. Thesis(S2) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
ASEP SAMSU_MPBI - Copy.docx

Download (0B)

Abstract

Peran guru begitu sentral dalam mencapai proses pembelajaran yang menyenangkan, maka guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran di kelas. Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam proses pembelajaran akan menumbuhkan minat, konsentrasi dan semangat belajar peserta didik yang sebelumnya kurang motivasi belajar. Penggunaan model pembelajaran discovery learning akan meningkatkan cara berpikir kritis peserta didik. Melihat hal tersebut maka model discovery learning digunakan dalam pembelajaran menganalisis ketepatan struktur teks cerita pendek dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran menganalisis ketepatan struktur teks cerita pendek dan untuk mengetahui dampaknya terhadap kemampuan beripikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed method). Penelitian ini dilaksanakan di SMK 45 Lembang Kabupaten Bandung Barat. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa lembar soal dan lembar observasi. Instrumen tersebut dikategorikan layak digunakan setelah dilakukan uji coba instrumen dan dilakukan analisis uji statistik (validitas dan realibilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata prates dan pascates, mengetahui nilai minimum dan maksimum, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu:(1) hasil belajar menganalisis ketepatan struktur teks cerita pendek di kelas XI yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dari model konvensional, (2) kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran menganalisis ketepatan struktur teks cerita pendek di kelas XI yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dari model konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran, Menganalisis Ketepatan Struktur, Teks Cerita Pendek, Model Discovery Learning, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 10 Jul 2020 03:37
Last Modified: 10 Jul 2020 03:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48228

Actions (login required)

View Item View Item