Model Collaborative Governance pada Pemerintah Daerah di Wilayah Jabodetabekjur melalui Pendekatan Intergovernmental Network

Dicky Irawan, NPM. 169020006 (2020) Model Collaborative Governance pada Pemerintah Daerah di Wilayah Jabodetabekjur melalui Pendekatan Intergovernmental Network. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Naskah Jurnal Disertasi.docx

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk analisis terhadap konsep pelaksanaan kerja sama antar pemerintahan daerah di wilayah Jabodetabekjur, Indonesia. Variabel penelitian terdiri dari (1). starting conditions; (2). facilitative leadership; (3). institutional design ; dan (4). collaborative process. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) with SmartPLS. Jumlah sample sebanyak 87 responden dari berbagai instansi pemerintah yang ada dikawasan Jabodetabekjur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborative antar pemerintahan di Jabodetabekjur tidak berjalan efektif karena adanya ketidakseimbangan sumberdaya pada tahap starting condition. Hal ini dapat difahami, DKI Jakarta sebagai ibu kota negara memiliki sumberdaya finansial yang jauh lebih dominan ketimbang daerah lain. Kata Kunci: collaborative, governance, Jabodetabekjur.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 06 Jul 2020 07:06
Last Modified: 24 Sep 2020 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48223

Actions (login required)

View Item View Item