MENGUKUR TINGKAT KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKKAN DIGITAL LIBRARY (STUDI KASUS UNIVERSITAS X)

Sali Alas Majapahit, DS (2013) MENGUKUR TINGKAT KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKKAN DIGITAL LIBRARY (STUDI KASUS UNIVERSITAS X). Konferensi Nasional Sistem Informasi 2013. ISSN 978-602-17488-0-0

[img]
Preview
Text
PDFsam_merge.pdf

Download (496kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Teknologi internet semakin canggih, hal ini memberikan pengaruh terhadap upaya pembelajaran. salah satu media yang dapat mendukung pembelajaran yang sekarang sudah terpengaruh teknologi internet adalah adanya perpustakaan digital atau digital library. Dalam penerapan digital library sebaiknya di dukung oleh kesiapan masyarakat untuk menggunakan digital library dilingkungan organisasi yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran untuk menentukan tingkat kesiapan masyarakat dilingkungan tersebut agar dapat diketahui bahwa implementasi digital library dapat berjalan dengan efektif. Pengukuran dapat dilakukan dengan model-model pengukuran, salah satunya yang digunakan yaitu model TRAM (Technology Readiness and Acceptance Model)yang merupakan kolaborasi antara model TRI (Technologi Readiness Index) dan TAM (Technology Acceptance Model). Dengan bantuan SEM (Structural Equation Model) selanjutnya akan didapat nilai-nilai kesiapan dari masyarakat sebagai pengguna digital library. Penelitian dilakukan di Universitas X yang telah mengimplementasikan digital library, dan nantinya berdasarkan hasil penelitian,akan dapat disimpulkan tingkat kesiapan masyarakat di lingkungan Universitas X untuk menerima teknologi digital library. Kata kunci :Tingkat Kesiapan, Technology Readiness Index (TRI), SEM, Digital Library

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2013
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:09
Last Modified: 03 Jul 2020 02:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48218

Actions (login required)

View Item View Item