ANALISIS KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI MANAJERIAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMK YPAI RAHAYU) KABUPATEN BANDUNG

Dedi Hidayat, NPM : 168020129 (2020) ANALISIS KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI MANAJERIAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMK YPAI RAHAYU) KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Dedi Hidayat.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Abstarak : Latar belakang penelitian ini adalah besarnya rasa ingin tahu tentang keberadaan manajerial SMK YPAI Rahayu dari mulai input, proses dan output yayasan, SDM Guru, SDM Tata Usaha dan kondisi siswa. Dimana sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah menengah kejuruan swasta di daerah kecamatan yang menggunakan teknologi komputer dalam pembelajaranya. Disisi lain kepala sekolah dalam menjalankan tugas manajerialnya mampu menggerakkan para warga sekolah untuk selalu meningkatkan kemampuannya, sehingga hasil prestasi akademik dan non akademik lebih baik. Kepala sekolah memiliki komitmen dan motivasi yang tinggi. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui 1). Kinerja kepala sekolah SMK YPAI Rahayu Kabupaten Bandung. 2). Mutu SMK YPAI Rahayu Kabupaten Bandung. 3). Faktor-faktor yang menghambat dan menjadi tantangan dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah SMK YPAI Rahayu Kabupaten Bandung. 4). Program kinerja kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu sekolah di SMK YPAI Rahayu Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Informan dari penelitian ini adalah Kepala TU, wakil kepala sekolah bagian hubin/masy, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi, sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mutu di SMK YPAI Rahayu yakni dengan kepala sekolah menerapkan perannya sebagai educator, manajer, administator, supervisor, leader, inovator dan motivator. Kinerja kepala sekolah sudah berjalan dengan baik walaupun masih belum optimal. 2). Adapun mutu SMK YPAI Rahayu dilihat dari hasil akreditasi pertama pada tahun 2016 serta dokumen lainya menunjukkan bahwa ada beberapa standar yang harus diperbaiki berkaitan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yaitu standar sarana prasarana, tendik serta kelulusan. 3). Faktor-faktor yang menghambat dan menjadi tantangan untuk perkembangan SMK YPAI Rahayu antara lain; sarana prasarana yang kurang memadai, perbedaan pemahaman antara yayasan dan kepala sekolah berkaitan dengan pengelolaan dan pengembangan sekolah serta kurangnya guru tetap yayasan (GTY). 4). Program kinerja kepala sekolah SMK YPAI Rahayu terus ditingkatkan 2 dengan merealisasikan program kerja kepala sekolah walaupun hanya 50% keberhasilanya.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:57
Last Modified: 25 Jun 2020 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48114

Actions (login required)

View Item View Item