PENGGUNAAN MODEL STUDENTS FASILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS NARASI BERORIENTASI MAKNA KONTEKSTUAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 3 CIMAHI

Taufik Arif Gunawan, NPM : 188090013 (2020) PENGGUNAAN MODEL STUDENTS FASILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS NARASI BERORIENTASI MAKNA KONTEKSTUAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 3 CIMAHI. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Taufik Arif Gunawan.docx

Download (219kB)

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan tuntutan utama yang harus dikuasai oleh seorang pendidik. Jika seorang pendidik menuntut peserta didik dapat berbicara dengan baik, maka pendidik harus memberikan contoh berbicara yang baik. Pendidik bertanggung jawab atas pembinaan keterampilan berbicara pada peserta didik. Pembinaan itu tidak dilakukan secara tersendiri melainkan terpadu dalam proses belajar-mengajar dalam pokok bahasan bahasa Indonesia. Pada penelitian ini penulis memiliki tujuan yaitu: (1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar menceritakan kembali teks narasi berorientasi makna kontekstual dan kemampuan berpikir kreatif di kelas VII yang menggunakan model students fasilitator and explaining dan metode demonstrasi (2) mendesjripsikan perbedaan yang signifikan model students fasilitator and explaining bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar menceritakan kembali teks narasi berorientasi makna kontekstual dan kemampuan berpikir kreatif di kelas VII yang menggunakan model students fasilitator and explaining dan metode demonstrasi. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu: (1) hasil belajar menceritakan kembali teks narasi berorientasi makna kontekstual dan kemampuan berpikir kreatif di kelas VII yang menggunakan model students fasilitator and explaining lebih baik dari metode demonstrasi (2) hasil belajar menceritakan kembali teks narasi berorientasi makna kontekstual dan kemampuan berpikir kreatif di kelas VII yang menggunakan model students fasilitator and explaining lebih signifikan dari metode demonstrasi. Kata Kunci : Model Students Fasilitator and Explaining, Pembelajaran, Menceritakan Kembali, Teks Narasi, Makna Konteksual, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:49
Last Modified: 25 Jun 2020 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48113

Actions (login required)

View Item View Item