STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAWENING KOTA BANDUNG

Boy Tagajagawani, NPM : 139020006 (2020) STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAWENING KOTA BANDUNG. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Jurnal Disertasi Boy Tagajagawani.docx

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini fokus mengkaji implementasi kebijakan pengelolaan air limbah domestik di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung. Penelitian bertujuan Mengkaji implementasi kebijakan, mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan belum efektifnya implementasi kebijakan dan strategi yang harus dilakukan agar pengelolaan air limbah domestik di Kota Bandung. Pendekatan penelitan yang digunakan adalah pendekatan kombinasi (Mixed-Methods) dengan strategi concurent embedded, dalam penelitian ini penggabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif digunakan bersama untuk mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumen dan focus group discussion (FGD). Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT dengan hasil akhir dari analisis SWOT adalah menghasilkan suatu srtategi implementasi kebijakan pengelolaan air limbah domestik di perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Hasil penelitian ini adalah (1). Implementasi kebijakan pengelolaan air limbah domestik di PDAM tirtawening Kota Bandung belum efektif hal ini didasarkan atas besarnya peluang terkait dengan demand yang ada namun pertumbuhan perusahaan rendah meskipun pendapatan stabil. (2). Faktor-faktor yang mempengaruhi belum efektifnya implementasi kebijakan pengelolaan air limbah domestik di Kota Bandung adalah pada aspek Sumber daya, Agen pelaksana dan Dispososi/sikap para pelaksana. (3). Hasil penelitian pengelolaan air limbah PDAM Tirtawening Kota Bandung, menggambarkan bahwa posisi perusahaan berada pada kondisi yang memiliki kekuatan internal yang cukup besar, namun terdapat ancaman yang cukup besar, oleh karena itu strategi yang ditempuh adalah melalui strategi diversifikasi (diversification), horizontal konsentris melalui pengembangan kelembagaan. Saran penelitian ini adalah (1). Pemerintah Daerah Kota Bandung, dapat mempertimbangkan pembentukan kelembagaan khusus atau BUMD Air Limbah Domestik dalam upaya percepatan penanganan air limbah domestik di Kota Bandung. (2). Komitmen dan perhatian di PDAM dalam peningkatan pengelolaan air limbah domestik, (3). Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kerjasama dengan stakeholders, (4). Memanfaatkan praoduk hasil olahan dari pengelolaan air limbah domestik, dan (5). Peningkatan sumber daya pengelolaan air limbah domestik. Kata kunci: implementasi kebijakan, pengelolaan air limbah domestik, strategi implementasi kebijakan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:59
Last Modified: 16 Jun 2020 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47927

Actions (login required)

View Item View Item