PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGASION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNGGURUH KABUPATEN SUKABUMI.

HERDIANNISA KORINAH ANANDA, NPM. 168090026 (2020) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGASION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNGGURUH KABUPATEN SUKABUMI. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
HERDIANNISA KORINAH ANANDA_MBI.docx

Download (37kB)
[img] Text
HERDIANNISA KORINAH ANANDA_MBI_ISI_COPY.docx

Download (21kB)

Abstract

Dinanti, Herdiannisa Korinah Ananda. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Ulasan dengan Menggunakan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Rully Indrawan, M.Si., Pembimbing (II) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd. Kata Kunci: Model Group Investigation, Menulis Teks Ulasan, Pembelajaran, Berpikir Kritis. Model Group Investigation merupakan sebuah model pembelajaran yang lebih menekankan pada pilihan dan kontrol siswa daripada menerapkan teknik-teknik pengajaran di ruang kelas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan perbedaan signifikansi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilakukan terhadap dua kelas. Satu kelas pembandingan merupakan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan metode campuran (mix method). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis teks ulasan film dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film dengan peningkatan menulis teks ulasan film lebih tinggi pada kelas eksperimen yang menerapkan model Group Investigation dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dengan selisih rata-rata sebesar 5,38, 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan selisih nilai rata-rata 4,84

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Jun 2020 07:02
Last Modified: 23 Oct 2020 04:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47909

Actions (login required)

View Item View Item