MANAJEMEN PENGELOLAAN RUANG TERBUKA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 5 BANDUNG

RIKI SYAMSUL FAHRUDIN, NPM. 178020143 (2020) MANAJEMEN PENGELOLAAN RUANG TERBUKA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 5 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
RIKI SYAMSUL FAHRUDIN_MM.docx

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengkaji, menganalisis, dan mengetahui manajemen pengelolaan ruang terbuka sekolah dalam meningkatkan kompetensi komunikasi dan kreativitas peserta didik di SMK Negeri 5 Bandung. Hasil Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen pengelolaan sarana dan prasarana khususnya ruang terbuka sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Hasil Manajemen pengelolaan ruang terbuka di SMKN 5 Bandung sudah berjalan dengan cukup baik dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Apalagi sekolah sudah menjalankan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) sebagai alat dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah secara berkelanjutan. Total skor atas kinerja pelaksanaan penggunaan ruang terbuka sekolah dalam meningkatkan kompetensi komunikasi dan kreativitas adalah 200 secara umum berada dalam kategori cukup baik. Tentunya masih menemui hambatan-hambatan dalam manajemen pengelolaan ruang terbuka dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Strategi dalam upaya optimalisasi manajemen pengelolaan ruang terbuka sekolah dalam meningkatkan kompetensi komunikasi dan kreativitas peserta didik, dimulai dari memanfaatkan peluang dengan mendayagunakan kekuatan yang ada seperti optimalisasi lahan sekolah yang cukup luas sekitar 1.8 Ha dalam penataan dan pengembangannya sehingga memiliki ruang terbuka yang representatif dalam belajar dan meningkatkan kompetensi. Memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada seperti guru-guru kompetensi keahlian DPIB dan KGSP yang tentunya lebih paham tentang desain bangunan. Mengoptimalkan peran ISO 9001:2015 dan SPMI sebagai instrumen untuk mengawal keterlaksanaan manajemen pengelolaan ruang terbuka dalam meningkatkan kompetensi komunikasi dan kreativitas peserta didik. Kata kunci: manajemen, ruang terbuka sekolah, komunikasi, dan kreativitas.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:53
Last Modified: 11 Jun 2020 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47907

Actions (login required)

View Item View Item