PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII MTS SEKOLAH CINTA ILMU

RIZKI ISNANDA, NPM : 168090019 (2020) PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII MTS SEKOLAH CINTA ILMU. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (69kB)

Abstract

Isnanda, Rizki. 2020. Penggunaan Model Mind Mapping dalam Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII MTs Sekolah Cinta Ilmu. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (II) Dr. Sri Marten Yogaswara M.M. Kata Kunci : mind mapping, teks fabel, berpikir kreatif Kemampuan berpikir kreatif peserta didik merupakan hal penting dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Karena itu perlu digunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Mind mapping merupakan model pembelajaran yang berbasis pada kreativitas dengan memfokuskan sintaks membuat citra berwarna di tengah-tengah yang bernilai seribu bahasa; membuat garis yang menghubungkan dengan kata-kata lain yang menjadi kata kunci; dan membuat cabang sebebas mungkin ke berbagai arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model mind mapping dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks fabel dan dampaknya terhadap peningkatan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method, dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian penyisip (embedded design). Instrumen utama yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilaksanakan di Kelas VIIMTs Sekolah Cinta Ilmu. Yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VII Al-Battani yang terdiri dari 20 peserta didik dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas VII Al-Farabi yang terdiri dari 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model mind mapping dapat mengefektifkan kegiatan pembelajaran dan aktivitas belajar dengan sangat baik; terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fabel sebelum dan sudah menggunakan model pembelajaran mind mapping; terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fabel pada peserta didik yang menggunakan model mind mapping dengan yang menggunakan model cooperative scripts sesudah diberikan perlakuan; peningkatan kemampuan berfikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks fabel yang menggunakan model mind mapping lebih baik jika dibandingkan dengan model cooperative scripts

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 09 Jun 2020 06:26
Last Modified: 09 Jun 2020 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47906

Actions (login required)

View Item View Item