IMPLEMENTASI RECIPROCAL TEACHING PADA PEMBELAJARAN MELANJUTKAN AKHIR CERPEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KREATIVITAS BERBAHASA SISWA KELAS XI SMA HANDAYANI 1 PAMEUNGPEUK

Risma Kania, NPM : 158090039 (2020) IMPLEMENTASI RECIPROCAL TEACHING PADA PEMBELAJARAN MELANJUTKAN AKHIR CERPEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KREATIVITAS BERBAHASA SISWA KELAS XI SMA HANDAYANI 1 PAMEUNGPEUK. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL RISMA.docx

Download (0B)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar mengajar.Metode reciprocal teaching merupakan sebuah model pembelajaran timbal balik yang menekankan sebuah dialog antara guru dan siswa agar siswa dapat memahami isi pelajaran dan dapat menyampaikan isi pelajaran tersebut terhadap orang lain. Hal tersebut dapat digunakan untuk memberikan dampak terhadap kreativitas berbahasa siswa dalam pembelajaran melanjutkan akhir cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan metode reciprocal teaching pada pembelajaran melanjutkan akhir cerpen dan untuk mengetahui dampaknya terhadap kreativitas berbahasa siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method (campuran). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Handayani 1 Pameungpeuk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, berupa lembar soal, lembar observasi,serta angket skala sikap sebagai pendukung keterlaksanaan pembelajaran metode reciprocal teaching dalam pembelajaran melanjutkan akhir cerpen dan dampaknya terhadap kreativitas berbahasa siswa. Instrumen tersebut dikategorikan vaid dan reliabel setelah diuji statistik (validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretest dan posttest, mengetahui nilai makimum dan nilai minimum, dan menguji hipotesis dengan paired sampel T-Tes. Hasil penelitian menunjukan aktivits siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44,90 , dan rata-rata posttest sebesar 78,10. Dampak terhadap kreativitas berbahasa siswa setelah penerapan metode reciprocal teaching sesuai dengan hasil uji hipotesis gain yaitu nilai probabilitas atau Sign. (2-tailed) 0,00<0,05. Besarnya dampak terhadap peningkatan melanjutkan akhir cerpen ditunjukan oleh hasil uji hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan data hasil pretetst dan posttest sehingga, terdapat peningkatan pembelajaran dengan melihat rata-rata dari setiap kegiatan. Dengan demikian metode reciprocal teaching dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan melanjtkan akhir cerpen. Kata-kata kunci: pendekatan reciprocal teaching, cerpen, kreativitas berbahasa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 04 Jun 2020 08:11
Last Modified: 05 Jun 2020 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47887

Actions (login required)

View Item View Item