IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-GOVERNMENT DALAM MEWUJUDKAN SMART GOVERNANCE PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG

BUDI NUGRAHA, NPM :158010061 (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-GOVERNMENT DALAM MEWUJUDKAN SMART GOVERNANCE PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL_Budi Nugraha MIA KEbijakan Publik.docx

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu E-Government dalam mewujudkan Smart Governance di Kota Bandung yang masih belum efektiv. Hal ini diduga disebakan oleh belum maksimalnya Implementasi Kebijakan E-Government dalam Mewujudkan Smart Governance pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintahan Kota Bandung. Pendektan dalam penelitian ini tentang implementasi kebijakan dilihat dari konteks kebijakan publik dan administrasi publik sebagai teori induknya untuk mengembangkan khasanah ilmu administrasi publik. Tujuan penelitian menganalisis Implementasi Kebijakan E-Government dalam Mewujudkan Smart Governance pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintahan Kota Bandung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan secara kualitatif dan menggunakan metode deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impelemetasi Kebijakan E-Government dalam menciptakan Smart Governance di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung sudah baik, akan tetapi masih banyak kekurangan. Hal ini bisa dilihat dari penemuan yang didapat oleh peneliti melalui observasi dan wawancara. diantaranya: Pertama, Kedaaan kondisi lingkungan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung sudah baik.. Kedua, meskipun sudah ada pola kerjasama terkait Pengelolaan E-Government dalam menciptakan Smart Governance tapi dalam tahap pelaksaan masih lemah dalam segi pengawasan. Ketiga, Sarana sudah ada ada tapi belum secara maksimal untuk E-Government. Keempat, pola hubungan antar unit kerja dan norma-norma yang berlaku harus lebih ditingkatkan dalam pelaksaannya Selanjutnya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan E-Government dalam Mewujudkan Smart Governance pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintahan Kota Bandung sudah berjalan dengan semestinya.tetapi belum menyentuh seluruh aspek pencapaian keberhasilan. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pengelolaan E-Government..

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:35
Last Modified: 17 Mar 2020 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47793

Actions (login required)

View Item View Item