STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BANJAR PROVINSI JAWA BARAT

SONI HARISON, NPM : 159020038 (2020) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BANJAR PROVINSI JAWA BARAT. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Soni Harison_DIS.doc

Download (91kB)

Abstract

Masih ada pandangan masyarakat yang menganggap bahwa penyelengaraan pelayanan publik masih sangat lamban dan tidak efisien dalam menanggapi perubahan dan tidak menyesuaikan diri dengan perubahan paradigma pembangunan. Banyaknya keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, terutama masyarakat pengusaha dalam menerima layanan publik dari birokrasi pemerintah, antara lain: prosedur yang berbelit-belit, tidak ada kejelasan tentang waktu untuk menyelesaikan masalah, serta tidak ada kejelasan mengenai berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan, ditambah dengan rendahnya kualitas layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles and Hubberman dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan antara kualitas pelayanan publik dan harapan masyarakat masih terjadi, oleh karena itu harus ada perbaikan kinerja pelayanan terkait unsur prosedur pelayanan, kepastian biaya, kepastian petugas, dan kecepatan pelayanan. Dalam pelayanan yang saat ini sudah dinilai baik oleh masyarakat mampu mendorong kegiatan investasi di Kota Banjar, karena mampu menciptakan pelayanan yang murah, cepat dan transparan. Terjadi peningkatan transparan pelayanan publik Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa DPMPTSP Kota Banjar harus terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan komitmen yang tinggi, konsisten, dan perlu kepastian hukum. Peningkatan kualitas pelayanan perlu diiringi dengan program penyederhanaan prosedur pelayanan sehingga dapat meningkatkan kecepatan pelayanan, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, dan penguatan kelembagaan sebagai penyelenggara kegiatan pelayanan perizinan dapat berjalan dengan efektif dan efisien melalui penguatan teknologi informasi dan komunikasi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:25
Last Modified: 27 Feb 2020 08:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47573

Actions (login required)

View Item View Item