LINGKUNGAN BISNIS PETERNAK SAPI PERAH TERHADAP POSITIONING KOPERASI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Pelaku Usaha Bisnis Sapi Perah di Provinsi Jawa Barat)

DANDAN IRAWAN, NPM : 109113033 and Promotor:, Prof. Dr. H. Sucherly, SE.,MS and Co. Promotor:, Prof. Rully Indrawan, M.Si (2020) LINGKUNGAN BISNIS PETERNAK SAPI PERAH TERHADAP POSITIONING KOPERASI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Pelaku Usaha Bisnis Sapi Perah di Provinsi Jawa Barat). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARTIKEL DISERTASI UNTUK SIDANG TERBUKA - DANDAN IRAWAN - Copy.doc

Download (118kB)

Abstract

Latar Belakang : Dalam perspektif bisnis, peternak sapi perah memiliki peluang yang tinggi, mengingat susu sapi sebagai kebutuhan setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tetapi total kebutuhan nasional untuk produksi susu tahun 2018 sekitar 4,5 juta ton per tahun hanya dipenuhi dari produksi lokal hanya sebesar 18% (920 ton) atau sekitar 82% kebutuhan susu dipenuhi dengan impor. Di sisi lain menunjukan bahwa jumlah populasi sapi perah di Indonesia terus turun. Sampai 2016, jumlah populasi sapi tercatat 291.183 ekor, jauh berkurang dibandingkan 2013 sebanyak 438.745 ekor atau berkurang sebanyak 33%. Angka ini juga sejalan dengan penurunan jumlah peternak di Indonesia. Pada 2016, jumlah peternak yang tergabung dalam koperasi mencapai 96.355 orang, turun dibandingkan 2013 sebanyak 102.726 orang, atau berkurang sekitar 7%. Permasalahan pokok dalam penelitian ini ialah kinerja pemasaran pada peternak sapi perah di provinsi Jawa Barat, hal ini didasarkan oleh lingkungan bisnis terhadap positioning koperasi dalam memenuhi layanan kepada anggota koperasi Tujuan : Hasil penelitian secara deskriftif lingkungan bisnis dan positioning koperasi memberikan kontribusi terhadap kinerja pemasaran peternak sapi perah di provinsi Jawa Barat. Walaupun dalam pelaksanaannya secara umum belum sepenuhnya didasarkan atas aspek-aspek lingkungan bisnis dan posisi koperasi sebagai wadah bahgi para peternak sapi perah. Metode : Metode penelitian ini adalah metode survey sebagai upaya mengumpulkan informasi dari responden dengan menggunakan angket, hal ini dimaksudkan untuk menguji jawaban rasional sehingga dapat menjelaskan fenomena yang menjadi masalah, dengan model analisis SEM (Structural Equation Modelling). Hasil Penelitian : Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa lingkungan bisnis eksternal dan internal besar pengaruhnya terhadap positioning koperasi sebesar 40,4% sedangkan epsilonnya 18,7 %. Sementara pengaruh lingkungan bisniseksternal terhadap positioning koperas sebesar 82% sementara pengaruh lingkungan bisnis internal terhadap positioning koperasi sebesar 17%. Hal ini menunjukan bahwa lingkungan peternak sapi perah di provinis Jawa Barat memiliki ketergantungan yang sangat kuat terhdap lingkungan bisnis eksternal, dibanding terhdap lingkungan bisnis internal. Adapun postioning koperasi memberikan pengearuh terhadap kinerja pemasaran sebesar 93% dengan epsilon 13,5%. Dengan demikian lingkungan bisnis dan positioning koperasi dapat dijadikan indikator yang diharapkan dapat untuk memperbaiki kinerja pemasaran peternak sapi perah di provinsi Jawa Barat. Kata Kunci : Lingkungan Bisnis Eksternal, Lingkungan Bisnis Internal, Positioning Koperasi dan Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Feb 2020 05:15
Last Modified: 05 Feb 2020 05:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47520

Actions (login required)

View Item View Item