PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP PASUNDAN SE- KOTA BANDUNG

Annisa Murdianingsih, NPM : 168020090 (2020) PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP PASUNDAN SE- KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Annisa Murdianingsih.docx

Download (185kB)

Abstract

Abstrak: Kinerja guru di SMP Pasundan dipengaruhi adanya kompetensi, motivasi dan budaya sekolah dinilai cukup baik, Hanya saja perlu adanya peningkatan dalam setiap faktor penunjang lainnya. Berdasarkan hasil survey sebelumnya, kinerja dipengaruhi oleh kompetensi, motivasi dan budaya sekolah. Kompetensi dinilai baik hanya ada yang harus ditingkatkan dalam dimensi ketepatan waktu, karena masih ada saja administrasi tidak sesuai tepat pada waktunya, motivasi dinilai cukup baik tapi perlu ditingkatkan pada dimensi kecepatan pembuatan administrasi dan proses pembelajaran yang masih belum optimal terhadap fasilitas. Adapula variabel budaya sekolah dianggap cukup baik, sebab ada dimensi yang perlu tingkatkan dalam pelaksanaan visi dan misi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMP Pasundan se-Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dan verifikatif, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, metode ini digunakan untuk mendapatkan gambaran mengenai Pemahaman kompetensi, motivasi dan budaya sekolah terhadap kinerja guru juga ingin mendapat gambaran tentang pola hubungan dan pengaruh dari variabel-variabel penelitian yang ditetapkan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa persentase pengukuran sebesar 87 % untuk tanggapan hasil responden terhadap kompetensi (X1) ini berada pada kriteria tinggi. Sedangkan untuk variabel motivasi (X2) diperoleh hasil pengukuran persentase sebesar 76,3% berada pada kriteria cukup baik. Hal ini berdasarkan kriteria persentase sebagaimana yang dikemukakan oleh MobIdochi Anwar (1984:130) yaitu kriteria 90% - 100% (Sangat tinggi), kriteria 80% - 89% (Tinggi), kriteria 70% - 79% (Cukup), kriteria 60% - 69% (Sedang), kriteria 50% - 59% (Sangat rendah), dan kriteria 40% ke bawah (Rendah sekali). Berdasarkan tanggapan hasil responden tentang budaya sekolah (X3), diperoleh persentase pengukuran sebesar 94 % ini berada pada kriteria sangat tinggi. Untuk hasil responden pada kinerja guru (Y), diperoleh hasil persentase pengukuran sebesar 92% ini berada pada kriteria sangat tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara bersama-sama antara kompetensi, budaya sekolah dan motivasi mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru SMP Pasundan se-Kota Bandung. Kata kunci : kompetensi, motivasi, budaya sekolah, kinerja guru

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:09
Last Modified: 29 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47505

Actions (login required)

View Item View Item