PENERAPAN OPEN DATA KIT UNTUK PENGUMPULAN DATA PRESENSI GURU SEKOLAH DASAR (Studi kasus : Lembaga Korwil Pendidikan Kec. Ciater Kab. Subang)

Vina Fitria Nurlatifah, 153040052 and Ayi Purbasari, DS and Wanda Gusdya, DS (2020) PENERAPAN OPEN DATA KIT UNTUK PENGUMPULAN DATA PRESENSI GURU SEKOLAH DASAR (Studi kasus : Lembaga Korwil Pendidikan Kec. Ciater Kab. Subang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
VinaFitriaNurlatifah_153040052_TeknikInformatika.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Produktivitas kerja dan efesien menjadi dorongan utama bagi perusahaan untuk berkembang lebih baik dan terus berinovasi. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah memperbaiki sistem manajement kehadiran karyawan yang fokus untuk meningkatkan produktivitas dan mengembangkan diri mereka dengan lebih efektif namun tetap efesien. Lembaga Korwil Pendidikan Kecamatan Ciater merupakan lingkungan penataan organisasi dalam rangka pengelolaan Pendidikan dengan jelas dengan memperhatikan efektifitas dan efisiensi serta pemerataan Pendidikan dan adanya relefansi Pendidikan dengan kebutuhan Mastarakat. Pelaksanaan presensi guru disetiap Sekolah Dasar masih menggunakan media kertas, dan pengumpulan data Presensi Guru disetiap Sekolah Dasar di Kecamatan masih dilakukan dengan cara mengumpulkan langsung ke kantor Lembaga Korwil Pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk membatu Guru dan bagian Operator Korwil untuk mengumpulkan dan mengelola data Presensi Guru di Setiap Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Ciater dengan memanfaatkan Open Data Kit Sebagai media pengumpulan dan Pengelolaan data presensi Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi literature, wawancara dan observasi, serta mempelajari pemanfaatan Open Data kit. Selanjutnta akan dilakukan tahapan mendefinisikan kebutuhan analisis, perancangan dan implementasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi pengumpulan data presensi yang memanfaatka Open Data Kit sebagai media yang terdiri dari ODK Collect sebagai alat pengumpulan data dan ODK Aggregate sebagai alat untuk mengelola data. Kata Kunci : Presensi, Pengumpulan Data, Open Data Kit, ODK Collect, ODK Aggregate, Korwil Pendidikan, Sekolah Dasar, Guru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
PRESENTATION
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:42
Last Modified: 20 Jan 2020 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47486

Actions (login required)

View Item View Item