STRATEGI PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (Studi Kasus pada SMPN 35 BANDUNG)

INTAN SEKARINI, NPM: 178020023 and Pembimbing I, Prof. H. Dr Azhar Affandi., SE., MSc and Pembimbing II, Dr. Iyus Rustandi, M.Si (2019) STRATEGI PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (Studi Kasus pada SMPN 35 BANDUNG). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
INTAN SEKARINI_MM copy.docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan Sistem Pembelajaran berbasis IT pada SMPN 35 Bandung, (2) Prestasi siswa pada SMPN 35 Bandung, (3) Faktor Penghambat dalam penerapan Sistem Pembelajaran berbasis IT pada SMPN 35 Bandung, (4) Pelaksanaan penerapan Sistem Pembelajaran berbasis IT dapat meningkatkan prestasi siswa pada SMPN 35 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus yang dilakukan di SMPN 35 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis, data kontekstual meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan sistem pembelajaran berbais IT di SMPN 35 Bandung saat ini di dukung dengan adanya penerapan dalam kurikulum 2013 yang mewajibkan setiap guru atau sekolah harus menguasai teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah. (2) Dengan diterapkan pembelajaran berbasis IT di SMPN 35 Bandung dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi menjadi lebih baik, sehingga prestasi belajar siswa meningkat dengan mendapatkan nilai yang dapat melebihi KKM. (3) Penerapan sistem pembelajaran berbasis IT ini memang masih banyak faktor penghambat yang dihadapi oleh para guru dan siswa baik dari sisi SDM, materi maupun dari infranstruktur (4) Penerapan IT dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa untuk semangat dalam belajar, hal ini terbukti dari hasil penilaian proses pembelajaran Ujian Akhir Semester. Dan dapat juga memotivasi guru dalam meningkatkan kemampuan dengan memanfaatkan IT. Kata kunci : Sistem pembelajaran, Teknologi Informasi (TI), Prestasi siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:40
Last Modified: 08 Jan 2020 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47443

Actions (login required)

View Item View Item