PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK PAKET C KELAS X PKBM NURUL AMAL KOTA BANJAR

Ai Widaningsih, NPM : 168090008 (2019) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK PAKET C KELAS X PKBM NURUL AMAL KOTA BANJAR. Thesis(S2) thesis, Pascasarjana Unpas.

[img] Text
JURNAL TESIS AI WIDANINGSIH revisi.docx

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok yaitu media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses pembelajaran. Media audio visual merupakan media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligusdalam satu proses atau kegiatan.Pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dalam peningkatan nilai-nilai kewirausahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Paket C PKBM Nurul Amal Kota Banjar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi, angket skala sikap, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi dan dampaknya terhadap nilai-nilai kewirausahaan siswa dengan nilai rata-rata pretest sebesar 68,22, dan rata-rata posttest sebesar 89,91. Dampaknya terhadap nilai-nilai kewirausahaan siswa menunjukkan 0,513 Artinya, korelasi antara hasil pretest ke posttest masuk ke dalam kategori cukup. Berdasarkan output, diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Nilai sig. tersebut menunjukkan 0,00< 0,05. Apabila nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) < 0,05 maka, terdapat perbedaan antara kemampuan menulis teks negosiasi sebelum dan sesudah sampel mendapat perlakuan dengan penerapan media audio visual sehingga, terlihat adanya perbedaan antara data pretest (sebelum) sebesar 68,22 % dan Posttest (sesudah diberikan perlakuan penerapan media audio visual) sebesar 89,91%. Peningkatan terlihat sebesar 21,69%, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dapat berdampak terhadap peningkatan nilai-nilai kewirausahaan siswa. Kata Kunci: Media Audio Visual, Menulis Teks Negosiasi, Nilai-nilai Kewirausahaan. A. PENDAHULUAN Keterampilan menulis dianggap sebagai keterampilan berbahasa yang paling sulit. Hal ini sejalan dengan pernyataan yang dikemukakan oleh Nurgiyantoro (1995:204) yang mengatakan bahwa dibandingkan kemampuan berbahasa yang lain, keterampilan menulis lebih sulit dikuasai bahkan oleh penutur ahli bahasa yang bersangkutan sekalipun. Negosiasi secara umum adalah suatu bentuk interaksi sosial antara dua pihak atau lebih yang berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan demi mencari jalan keluar dan kesepakatan bersama. Ketika bernegosiasi, pihak yang terlibat harus mampu menyampaikan tujuannya dengan baik dan mampu memberikan tanggapan dengan baik juga. Jika tidak, hal tersebut dapat mengakibatkan masalah tidak dapat diselesaikan atau justru malah menimbulkan masalah baru. Agar mampu bernegosiasi dengan baik manusia perlu belajar. Pembelajaran mengen

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:13
Last Modified: 23 Dec 2019 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47420

Actions (login required)

View Item View Item