EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT MASUK DESA PADA PUSAT PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH WILAYAH KABUPATEN BANDUNG I RANCAEKEK (Studi Kasus Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pribadi di Kantor Kecamatan Ciparay)

Andi Muhamad Gunawan, NPM : 178010008 (2019) EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT MASUK DESA PADA PUSAT PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH WILAYAH KABUPATEN BANDUNG I RANCAEKEK (Studi Kasus Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pribadi di Kantor Kecamatan Ciparay). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Andi Muhamad Gunawan.docx

Download (105kB)

Abstract

Pelayanan Samsat Masuk Desa di Kantor Kecamatan Ciparay adalah bertujuan untuk mendekatkan layanan publik kepada masyarakat yang berlokasi jauh dengan Samsat Induk, keadaan di lapangan menunjukkan bahwa pelayanan Samsat Masuk Desa masih banyak kelemahan, antara lain lokasi masih menumpang pada Kantor Kecamatan Ciparay sehingga tidak maksimal dalam pelayanan, sering padamnya aliran listrik, sarana prasarana yang kurang memadai, misalnya tidak ada genset pengganti aliran listrik, tidak ada ruang tunggu yang memadai, semua itu untuk kepentingan masyarakat pengguna. Deskriminasi pelayanan sering kali muncul karena persepsi mengenai hak dan kewajiban antara penyedia dan pengguna layanan belum mencapai titik temu. Misalnya hak bagi setiap pengguna layanan untuk mendapatkan perlakuan yang wajar dan ramah dari penyedia layanan. Sebaliknya, justru pengguna layanan yang harus bersikap ramah terhadap penyedia layanan agar urusannya menjadi cepat dan lancar. Penelitian ini akan berusaha mengetahui keluhan yang disampaikan wajib pajak atau masyarakat pengguna jasa layanan terkait dengan masalah pelayanan oleh petugas, sarana dan fasilitas yang ada di Samsat Masuk Desa. Rumusan masalah ini adalah bagaimana kualitas pelayanan Samsat Masuk Desa di Kantor Kecamatan Ciparay? Penelitian ini bertujuan untuk membuat rumusan gambaran tentang keaadaan riil kualitas pelayanan Samsat Masuk Desa di Kantor Kecamatan Ciparay secara cermat. Dengan metode kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui wawancara, observasi dan dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengetahui kualitas pelayanan Samsat Masuk Desa yang diberikan terhadap masyarakat pengguna atau wajib pajak. Penilaian melalui fokus penelitian yang meliputi : 1) Bukti Fisik (tangibles), 2) Keandalan (reliability), 3) Daya Tanggap (responsiveness), 4) Jaminan (assurance), dan 5) Empati (empaty), sehingga dapat diketahui hasilnya yaitu pelayanan yang diberikan oleh Samsat Masuk Desa tersebut sudah baik dan sesuai dengan keinginan masyarakat, meskipun masih ada beberapa keluhan yang perlu menjadi perhatian Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek sebagai penyelenggara Samsat Masuk Desa. Kata kunci : Pelayanan publik, kualitas pelayanan, pelayanan Samsat.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Dec 2019 04:27
Last Modified: 21 Dec 2019 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47419

Actions (login required)

View Item View Item