ANALISIS PERBEDAAN MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM

MAYA LESTARI WIDYASTUTI, NPM. 178020064 (2019) ANALISIS PERBEDAAN MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
MAYA LESTARI WIDYASTUTI_MM copy.docx

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai Perbedaan Mutu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Ibrahim Adjie. Hasil Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen rumah sakit. Masalah pada penelitian ini adalah mutu pelayanan yaitu banyaknya keluhan pasien BPJS dan pasien umum terhadap pelayanan di puskesmas. Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan mutu pelayanan di tempat pelayanan kesehatan. Pelayanan yang berkualitas mampu kebutuhan dan harapan masyarakat. Penelitian dilakukan di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung. Metode penelitiannya menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Sedangkan tipe penelitiannya berupa Descriptive dan verifikatif datanya berupa cross-sectional yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan pada suatu saat tertentu. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan metode statistika analisis Regresi Linear Berganda dan uji test beda menggunakan Uji Wilcoxon Rank Sum Test. Hasil pengujian penelitian ditemukan adanya pengaruh positif pada mutu pelayanan yang dilihat dari Mutu Pelayanan Administrasi, Dokter, Perawat, Obat, Sarana dan Fasilitas Penunjang terhadap kepuasan. Selain itu tingkat kepuasan pada pasien BPJS dan Pasien umum ditemukan hasil tidak puas pada pelayanan yang diberikan. Dibuktikan dengan hasil pengujian uji test beda yaitu ditemukan adanya perbedaan antara mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS dan pasien umum. Kata kunci : Mutu Pelayanan, Tingkat Kepuasan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Dec 2019 08:26
Last Modified: 20 Dec 2019 08:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47415

Actions (login required)

View Item View Item