SOLLEHUDDIN, NPM. 178090004 MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS PUISI RAKYAT YANG BERFOKUS PADA KEAKURATAN PENGGUNAAN DIKSI KONOTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 7 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Thesis(S2) thesis, UNSPECIFIED.
Text
Artikel Sollehuddin_MBI copy.docx Download (46kB) |
|
Text
1. COVER SAMPUL JUDUL.docx Download (37kB) |
|
Text
4. Daftar isi,tabel,gambar, dan pustaka tesis.docx Download (27kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA tesis.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I FIX.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II FIX.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB III FIX.docx Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
BAB IV FIX.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V FIX.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
Abstract
Penggunaan diksi dan kemampuan berpikir analisis adalah beberapa hal penting dalam pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis puisi rakyat yang berfokus pada keakuratan penggunaan diksi konotasi dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada kemampuan berpikir analisis yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah menggunakan mix method tipe embedded. Sampel penelitian ini adalah peserta didik dari salah satu sekolah menengah pertama negeri di kota cimahi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menganalisis puisi dan kemampuan berpikir analisis, angket skala sikap, lembar wawancara dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut ; 1) Sikap peserta didik yang memeperoleh model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada sikap peserta didik yang memperoleh model pembelajaan konvensional, dimana peserta didik telah terampil dalam menulis, terampil dalam menangkap ide, peserta didik sudah mandiri dan sudah mempunyai kemampuan menganalisis; 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis peseerta didik yang memperroleh model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada peningkatan kemampuan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Discovery Learning, Kemampuan Menganalisis, Kemampuan Berpikir Analisis dan Angket Skala Sikap siswa
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 02:25 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 03:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47399 |
Actions (login required)
View Item |