PENGARUH MODEL PROMBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN ( Penelitian Eksperimen di Kelas V Sd Negeri Cikawao 1 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung )

Heri Suryadi, 155060099 (2019) PENGARUH MODEL PROMBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN ( Penelitian Eksperimen di Kelas V Sd Negeri Cikawao 1 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA .pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (955kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beradasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran Tema 1 yang membahas mengenai “Manusia dan Lingkungan” pada kelas V di SD Negeri Cikawao 1 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada tema 1 di kelas tersebut masih menghadapi masalah yang perlu diselesaikan, salah satunya adalah belum optimalnya proses belajar siswa dalam pembelajaran tema 9 sehingga hasil belajar yang diperoleh tidak memuaskan. Dari hasil observasi tersebut, diperoleh data nilai rata-rata siswa SD Negeri Cikawao kelas V tahun pelajaran 2017/2018 terdapat 76% siswa dari 33 jumlah siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learing (PBL) terhadap hasil belajar pada subtema manusia dan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan jumlah sampel 61 siswa yang terdiri dari 33 orang sebagai kelompok eksperimen dan 28 orang sebagai kelompok kontrol, kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran, sedangkan untuk kelompok kontrol diberikan model pembelajaran ceramah. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan dengan hasil penelitian dari hasil penghitungan uji-t adalah sebagai berikut, Pada hasil belajar diperoleh t hitung sebesar 15.489. Nilai t tabel dengan taraf kepercayaan 5% dan derajad kebebasan df(n-2)=59 adalah senilai 1.671. Maka diperoleh t hitung > t tabel. Sehingga berdasarkan kaidah kriteria pengambilan keputusan maka Ha diterima. Dengan kata lain Model Problem Based Learning (PBL) Memberikan Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan pada siswa kelas V di SD Negeri Cikawao 1 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 09:25
Last Modified: 25 Oct 2019 09:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46530

Actions (login required)

View Item View Item