Risma Ariyanti, 155060162 (2019) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cilampeni II Katapang Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar_pengesahan_risma[1].pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran visual pada subtema pertumbuhan dan perkembangan manusia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas III SDN Cilampeni 2 Katapang Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas III SDN Cilampeni 2 Katapang Kabupaten Bandung yang tidak aktif, dan pasif dalam merepon aktivitas didalam pembelajaran dikarenakan siswa tidak disediakan buku siswa dan guru sering menggunakan ceramah atau konvensional, dan tidak ada penyertaan penggunaan media pembelajaran di dalam RPP sehingga belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menyertakan media pembelajaran visual ke dalam RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran di kelas . Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas kegiatan belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran visual dan mengetahui penanaman sikap peduli dan santun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I muncul hasil belajar 33% dengan kategori cukup, siklus II 60% dengan kategori baik dan siklus III 90% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan media pembelajaran visual sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada subtema pertumbuhan dan perkembangan manusia di kelas III SDN Cilampeni 2 Katapang Kabupaten Bandung. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran visual dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: media pembelajaran visual, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 08:54 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 08:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46527 |
Actions (login required)
View Item |