PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Survei di Kelas V Sekolah Dasar Wilayah Desa Cicalengka Wetan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung)

RIZKA TAFNI SUNDARI, 155060189 (2019) PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Survei di Kelas V Sekolah Dasar Wilayah Desa Cicalengka Wetan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. abstrak indo.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. abstrak inggris.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. abstrak sunda.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. daftar isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I 1-9.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II 10-31.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III 32-47.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
14. BAB IV 48-68.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
15. BAB V 69-70.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA 71-73.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. daftar riawayat hidup.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Pembinaan sikap percaya diri siswa ini sudah seharusnya menjadi tanggungjawab guru maupun orang tua. Oleh karena itu perlu adanya solusi untuk mengatasi pemasalahan tersebut. Melihat hasil belajar siswa yang masih rendah maka akan mempengaruhi sikap percaya diri mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh sikap percaya diri terhadap hasil belajar; dan (2) seberapa besar pengaruh sikap percaya diri terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD di Desa Cicalengka Wetan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung yang berjumlah 209 siswa. Sampel penelitian sebanyak 132 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Variabel penelitian meliputi sikap percaya diri sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan kuisioner sikap percaya diri. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, regresi linear sederhana, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata ulangan harian sebesar 79,54 dengan kategori baik; (2) Siswa memiliki sikap percaya diri dengan persentase sebesar 84,22%, dimana nilai tersebut termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. (3) Ada hubungan yang signifikan antara sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dengan kategori sedang yang ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,569; (4) Ada pengaruh yang signifikan sikap percaya diri terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 21,263 + 0,632X yang ditunjukkan dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05; (5) Besar pengaruh sikap percaya diri terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 10,43% sedangkan 89,57% Hasil Belajar siswa dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: sikap percaya diri, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:55
Last Modified: 25 Oct 2019 08:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46526

Actions (login required)

View Item View Item