HUBUNGAN ANTARA TINGKAT MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS III KECAMATAN CILILIN (Penelitian Korelasional pada Semester Ganjil Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat)

Yulianti, 155060131 (2019) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS III KECAMATAN CILILIN (Penelitian Korelasional pada Semester Ganjil Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB II.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
9 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Membaca merupakan bagian dari proses pendidikan. Dengan membaca, pengetahuan dan wawasan siswa dapat bertambah. Kebiasaan membaca siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun dari luar diri siswa. Salah satu faktor yang mendorong siswa untuk terbiasa membaca adalah minat. Minat membaca bukanlah suatu yang lahir secara langsung, Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah hubungan antara minat baca dengan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Cililin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN gugus III Kecamatan Cililin.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian yaitu kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Cililin yang berjumlah 146 siswa. Teknik sampling yang digunakan yakni sampling kuota dengan jumlah sampel 106 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, uji normalitas, korelasi product moment, dan koefisien determinasi (KD).Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa termasuk dalam kriteria cukup tinggi.Nilai r hitung berdasarkan hasil analisis data penelitian yang dihitung menggunakan rumus korelasi product moment yaitu 0,473. Jika dibandingkan dengan r tabel , maka didapatkan hasil r hitung >r tabel dengan taraf signifikan 5% (0,473 > 0,195). Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara minat baca dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Hubungan antara minat baca dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat berada dalam kategori cukup tinggi. Kata Kunci : Minat baca, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:50
Last Modified: 25 Oct 2019 08:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46525

Actions (login required)

View Item View Item