PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung)

SAGITA MULYA WANTI, 155060006 (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa” yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Matematika pada kelas IV di beberapa SDN Kecamatan Buah Batu gugus 36 Kota Bandung. Hal ini disebabkan karena kurang pemberian motivasi belajar oleh guru selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung sebanyak 133 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan tingkat kesalahan 5% maka didapatkan sebanyak 79 sampel. Adapun sampel penelitian yang didapatkan 3 sekolah di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung yaitu, SDN 242 Margasari, SDN 230 margahayu raya dan SDN 129 Rancasawo. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) SDN 242 Margasari didapatkan jumlah skor sebesar 252 dan termasuk pada kategori tinggi, SDN 230 Margahayu Raya didapatkan jumlah skor sebesar 304 dan termasuk pada kategori tinggi, SDN 129 Rancasawo didapatkan jumlah skor sebesar 380 dan termasuk pada kategori tinggi.2) Nilai rata-rata SDN 230 Margahayu Raya sebesar (70,71), SDN 242 Margasari sebesar (75,34), dan SDN 129 Rancasawo sebesar (71,90). 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di masing-masing sekolah melalui pengujian yang dilakukan menggunakan regresi linear sederhana, yakni di sekolah SDN 242 Margasari diperoleh nilai signifikan sebesar 0.008<0.05, di sekolah SDN 230 Margahayu Raya diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000<0.05, kemudian di sekolah SDN 129 Rancasawo diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000<0.05. Dari hasil data signifikasi diatas dapat di simpulkan bahwa adanya pengaruh dari motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:07
Last Modified: 01 Nov 2019 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46501

Actions (login required)

View Item View Item